Berita,  Informasi

MENUJU AKREDITASI [BAGIAN PERTAMA]

Langkah menuju akreditasi Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang tidak terlepas dari terbitnya Peraturan Bupati Pemalang Nomor 63 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang. Setelah berlakunya peraturan bupati tersebut, urusan pemerintahan bidang lingkungan hidup di Kabupaten Pemalang yang semula dilaksanakan oleh Kantor Lingkungan Hidup (KLH) menjadi Dinas Lingkungan Hidup (DLH).Pada awal tahun 2017, Kepala DLH Kabupaten Pemalang memiliki rencana untuk mengaktifkan kembali sekaligus mengembangkan laboratorium yang telah ada di Dinas Lingkungan Hidup menjadi laboratorium terakreditasi. Kepala DLH Kabupaten Pemalang memberikan arahan kepada Kepala Bidang Pengendalian dan Konservasi Lingkungan (Kabid PKL) dan  Kepala Seksi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Kasi PKL), untuk melakukan pertemuan internal mengenai akreditasi laboratorium.

Pertemuan tersebut membahas komitmen pimpinan laboratorium harus terakreditasi, pembentukan tim akreditasi, pembentukan organisasi laboratorium, inventarisasi peralatan, inventarisasi kemampuan pengujian dan rencana ruang lingkup pengujian/akreditasi.   Pembentukan tim akreditasi terdiri dari calon Manajer Puncak, Manajer Administrasi, Manajer Mutu, Manajer Teknis, Penyelia, Analis dan Petugas Penerima dan Pengambil Sampel. Tim akreditasi mempunyai tugas antara lain mengusulkan struktur organisasi dan susunan personalia, menumbuhkan pemahaman dan kesadaran sistem mutu laboratorium, inventarisasi Sumber Daya Manusia (SDM), inventarisasi peralatan dan lain-lain. Dalam pelaksanaan tugas menumbuhkan pemahaman dan kesadaran sistem mutu laboratorium maka diaselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang mengundang mengundang Manajer Mutu Balai Pengujian Laboratorium Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPL2H DLHK) Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya dilakukan inventarisai SDM oleh tim akreditasi dengan cara menginventarisasi ijazah kesarjanaan dan bidang keilmuan, ijazah SLTA dan jurusannya, sertifikat keahlian pelatihan pengujian, sertifakt pelatihan mutu dan membuat daftar kualifikasi teknis. SDM yang akan mengisi organisasi laboratorium adalah Kepala DLH Kabupaten Pemalang, Kabid PKL, Kasi PKL dan seluruh personil dari Seksi PKL sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan. Kepala DLH Kabupaten Pemalang sebagai Manajer Puncak, Kabid PKL sebagai Manajer Administrasi, Kasi PKL sebagai Manajer Mutu dan personil lain menjadi Manajer Teknis, Penyelia, Analis dan Petugas Penerima dan Pengambil Sampel.

Selain invetarisasi SDM dilakukan pula inventarisasi peralatan dan standar dan bahan acuan. Labotorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang sebenarnya telah memiliki beberapa peralatan dan bahan acuan namun beberapa peralatan mengalami kerusakan, belum terkalibrasi atau tidak sesuai dengan standar pengujian parameter yang akan diajukan dalam akreditasi laboratorium. Inventarisasi ini bertujuan agar peralatan dan bahan yang digunakan telah sesuai dengan standar/SNI yang berlaku.

Proses persiapan akreditasi yang disebutkan di atas dilakukan sepanjang tahun 2017. Pada tahun itu pula, penyusunan anggaran menuju akreditasi laboratorium dilakukan. Bagaimana proses persiapan akreditasi laboratorium di tahun 2018? Apabila pembaca ingin mengetahui, semua dapat disimak dalam tulisan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat