Berita

SOSIALISASI PENGAWASAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN LINGKUNGAN HIDUP

PEMALANG—-, Kamis, (19/9/2019) telah diselenggarakan Sosialisasi Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan Lingkungan Hidup yang diselenggarakan oleh Seksi Pengaduan dan Pengeakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Kaubpaten Pemalang di Hotel Winner. Kegiatan ini dihadiri oleh Para Perwakilan dari Industri dan Hotel yang ada di Kabupaten Pemalang. Acara sosialisasi ini dibuka oleh Bapak Rahardjo, S.IP, M.AP., selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Konservasi Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup kepada industri-industri yang ada di Kabupaten Pemalang agar dapat turut serta dalam menjaga lingkungan hidup melalui proses pemantauan dan pengendalian lingkungan hidup sekitar lokasi usaha/kegiatan. Selain itu sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Para Perwakilan Industri dan Hotel mengenai kebijakan dalam pengawasan lingkungan hidup. Sosialisasi Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan Lingkungan Hidup ini dibawakan oleh dua orang narasumber yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan Provinsi Jawa Tengah, yaitu  Bapak Ir. Marnang Haryanto dan Bapak Aris Warsito W., ST, Kepala Seksi Penegakan Hukum

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup merupakan instrumen penaatan alternatif yang dikembangkan untuk bersinergi dengan instrumen penaatan lainnya guna mendorong penaatan perusahaan melalui penyebaran informasi kinerja kepada masyarakat (public disclosure). Manfaat Proper sendiri adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan, meningkatkan kesadaran pelaku usaha dan/atau kegiatan dalam pengelolaan lingkungan hidup tanpa melalui mekanisme penegakan hukum, dan memacu inovasi perusahaan dalam hal penurunan beban pencemaran air limbah dan udara, pengurangan limbah B3, efisiensi energi, meningkatkan kepedulian perusahaan terhadap aspek sosial yang ada di sekitar pabrik dan peningkatan kepedulian perusahaan dalam pelestarian keanekaragaman hayati.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 Pasal 69 ayat 1 huruf a bahwa Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan pencemaran dan/atau perusakan  lingkungan hidup oleh sebab itu perlu diadakan pengawasan sebagai salah satu tindakan preventif dalam kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pengawasan lingkungan hidup adalah  kegiatan yang dilaksanakan secara  langsung atau tidak langsung oleh  Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup  untuk mengetahui tingkat ketaatan  penanggung jawab usaha dan atau  kegiatan terhadap ketentuan peraturan  perundang- undangan di bidang  lingkungan hidup.

Sosialisasi Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan Lingkungan Hidup diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Para Pelaku Usaha/Kegiatan terutama bidang industri dan hotel mengenai Proper dan juga meningkatkan ketertiban terhadap kepatuhan izin lingkungan, dokumen lingkungan, dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat