Berita

SOSIALISASI PENGAWASAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN LINGKUNGAN HIDUP

PEMALANG—-, Selasa , (17/9/2019) telah diselenggarakan Sosialisasi Pengendalian, Pengawasan, Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang diselenggarakan oleh Seksi Pengaduan dan Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang di Hotel Winner. Kegiatan ini dihadiri oleh Para Perwakilan Perangkat Desa yang ada di Kabupaten Pemalang. Acara sosialisasi ini dibuka oleh Bapak Sarinto, S.T., M.Si selaku Kepala Bidang Penataan, Penaatan, dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan peran serta Para Perangkat Desa dalam rangka pengawasan terhadap Para Pelaku Pemanfaat Sumber Daya Alam dalam hal ini adalah pertambangan sebagai bentuk pengendalian pencemaran lingkungan hidup. Sosialisasi Pengendalian, Pengawasan, Pemanfaatan Sumber Daya Alam ini dibawakan oleh dua orang narasumber, yaitu  Bapak Adi Wijayanto yang berasal dari Cabang Dinas ESDM Wilayah Slamet Utara Provinsi Jawa Tengah dan Bapak Aris Warsito W., ST, Kepala Seksi Penegakan Hukum yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Pasal 70 ayat 2 disebutkan bahwa peran masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dapat berupa:

  1. Pengawasan sosial
  2. Pemberian saran pendapat usul keberatan pengaduan, dan/atau
  3. Penyampaian informasi dan/atau laporan

Peran Masyarakat dalam pengendalian pencemaran/kerusakan lingkungan hidup dapat dilakukan secara terorganisir yaitu dengan mewujudkan/membentuk wadah organisasi masyarakat dalam suatu Kelompok Sistem Pengawasan Masyarakat (Kelompok SISWASMAS) sebagai suatu sistem social control di wilayah lokasi yang paling berdekatan & berpotensi terkena dampak dari beroperasinya suatu usaha/kegiatan guna penanggulangan preventif terhadap permasalahan Lingkungan Hidup (pencemaran/kerusakan). Kemudian dalam paparan yang disampaikan Bapak Adi, peran Perangkat Desa dapat diwujudkan melalui Peraturan Desa yang dapat memuat kriteria pemberian izin usaha pertambangan. Peraturan tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam memberikan rekomendasi suatu usaha pertambangan sebelum beroperasi.

Sosialisasi Pengendalian, Pengawasan, Pemanfaatan Sumber Daya Alam diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Para Perangkat Desa mengenai pengawasan dalam usaha/kegiatan pertambangan yang ada di daerahnya masing-masing dan dapat berpartisipasi dalam meningkatkan perlindungan lingkungan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat