Laboratorium Lingkungan

SELAMAT DATANG DI LABORATORIUM LINGKUNGAN

DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN PEMALANG

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang merupakan unsur pelaksana pemerintahan bidang lingkungan hidup yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Dalam rangka melaksanakan urusan pemerintahan bidang lingkungan hidup, DLH Kabupaten Pemalang membentuk Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang. Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang melekat pada Bidang Pengendalian dan Konservasi Lingkungan di bawah Seksi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan.

Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang dibentuk dengan Keputusan Kepala DLH Kabupaten Pemalang Nomor 660.1/036/2019/DLH tentang Pembentukan Pejabat Laboratorium Pada Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang. Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang memiliki visi yaitu terwujudnya laboratorium lingkungan yang terpercaya dan mampu melayani kebutuhan pengujian kualitas lingkungan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Misi Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang yaitu :
1). Meningkatkan dan mengembangkan mutu pelayanan laboratorium lingkungan yang meliputi sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang memadai;
2) Melakukan pengelolaan laboratorium secara profesional dengan mengacu pada sistem manajemen mutu laboratorium pengujian agar tercapai efisiensi dan efektifitas;
3) Melakukan upaya secara berlanjut untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan;
4) Menjalin kerjasama dengan instansi terkait dan laboratorium lainnya. Dalam menjalakan tugasnya Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang memiliki motto CERIA (Cepat, Ramah, Inovatif dan Akurat).

Manajemen Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang telah menggunakan Dokumen Sistem Mutu (Doksismut) Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang yang mengacu pada ISO/IEC 17025: 2017. Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang  memberikan pelayanan pengambilan contoh (sampling)  dan analisis parameter kualitas lingkungan air permukaan dan air limbah.  Pada bulan Juni 2019, Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang telah mendapatkan status sebagai laboratorium terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Status akreditasi ini menjadikan Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang sejajar dengan laboratorium pengujian lainnya di Indonesia. Dengan terakreditasinya Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pemalang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Pemalang dalam hal akses pengujian laboratorium terakreditasi.

KONTAK

LABORATORIUM LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN PEMALANG
Alamat              : Jalan Gatot Subroto No. 28 Pemalang 52319
Tel./Fax            : 0284- 322121
Email                 : lablingdlhpemalang@gmail.com

Jika Anda mempunyai pertanyaan, silakan klik ikon WhatsApp (hijau) di pojok kanan bawah. Admin kami akan segera menjawab pertanyaan Anda.

WhatsApp chat