Rabu, Mei 8, 2024
BerandaBeritaAlumni Talks CDC FISIP Unsoed Purwokerto: Aktifkan Dirimu, Kembangkan Potensimu!

Alumni Talks CDC FISIP Unsoed Purwokerto: Aktifkan Dirimu, Kembangkan Potensimu!

 

Kuliah adalah sebuah proses pembelajaran tingkat lanjut dimana seseorang dibebaskan untuk menentukan pilihan yang didasarkan pada minat dan bakat.

Berdasarkan hal ini maka mahasiswa tidak hanya dituntut untuk bisa menyelesaikan pendidikan akademik namun juga keterlibatan aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan di luar perkuliahan.

Dua hal ini yang bagi sebagian mahasiswa tidak mampu untuk dilakukan.

Kekhawatiran sebagian mahasiswa untuk aktif dalam berbagai kegiatan seharusnya tidak perlu terjadi jika mereka menyadari tentang beragam manfaat ketika mereka terlibat di organisasi dan kegiatan di luar kampus.

Career Development Center (CDC) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali menyelenggarakan Alumni Talks pada Sabtu (26/3/2022) secara daring.

Alumni Talks ke-12 ini menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. Agus Harto Wibowo (alumni Jurusan Ilmu Administrasi Publik 1996) dan Nailfauza P. Prabowo, S. Ikom (alumni Jurusan Ilmu Komunikasi 2005).

Alumni Talks ke 12 CDC FISIP Unsoed Purwokerto, Sabtu 26 Maret 2022
Alumni Talks ke 12 CDC FISIP Unsoed Purwokerto, Sabtu 26 Maret 2022 (Istimewa)

Agus Harto Wibowo saat ini menjadi Analis Kebijakan Ahli Muda dan Sub-Koordinator Pengelolaan Sampah dan Limbah 3B, sedangkan Nailfauza P. Prabowo adalah Marketing Communication Cargill Indonesia.

Nailfauza P. Prabowo, Marketing Communication Cargill Indonesia
Nailfauza P. Prabowo, Marketing Communication Cargill Indonesia (Istimewa)

Kedua narasumber sepakat organisasi dan kegiatan ekstra di dalam maupun di luar kampus akan menjadi media untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas seseorang.

Aktivitas berorganisasi juga akan menjadi modal dalam pekerjaan atau bahkan meningkatkan karir ketika bekerja.

Nailfauza atau yang biasanya dipanggil Ivosh percaya bahwa setiap individu pasti memiliki keahlian tertentu yang akan memberikan pembeda dari individu lain dan akan menambah nilai pada individu tersebut.

Senada dengan Ivosh, Agus yang semasa kuliah aktif dalam ekstra olahraga bola basket mengatakan ketika seseorang telah bekerja, maka bukan hanya bidang akademik yang diperlukan, namun juga soft skill yang tidak kalah penting.

Ketua CDC FISIP Unsoed, Dr. Mite Setiansah, SIP, M.Si menegaskan masa depan sejatinya dibentuk dari apa yang dikerjakan hari ini.

Sehingga soft skill yang terasah sejak masih kuliah akan membentuk individu yang mampu beradaptasi, percaya diri, bekerjasama dan mampu menghadapi tekanan ketika lulus kuliah dan memasuki dunia kerja.

“Soft skill can make or break your career!” tandas Mite. (*)

 

Refrensi :

https://jateng.tribunnews.com/2022/03/28/alumni-talks-cdc-fisip-unsoed-purwokerto-aktifkan-dirimu-kembangkan-potensimu

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments