Kamis, Mei 2, 2024
BerandaBeritaSoft Launching Mesin Pengolah Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar

Soft Launching Mesin Pengolah Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar

PEMALANG—, Jumát, (15/07/2022), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh  Yayasan Pendidikan Satya Praja terkait Soft Launching Mesin Pengolah Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar.

Acara Soft Launcing dihadiri oleh Bupati Pemalang, Kepala Bappeda, DLH, Forkompincam, Kepala Desa, Ketua BUMDES, Ketua Gapoktan, Paguyuban Nelayan Pemalang, dan Manajemen Sekolah SMK Satya Praja. Kegiatan dibukan dengan sambutan oleh Bapak H. Suwono, S.Pd.,M.MPd. selaku Ketua Yayasan Pendidikan Satya Praja Pemalang diteruskan dari sambutan Bapak Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, S.T., M.Si dan Peresmian Soft Launching Mesin Pengolah Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak

 

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang mendukung kegiatan yang di lakukan oleh Yayasan Pendidikan Satya Praja Pemalang dan Perhimpunan Alumni Jerman ( Ir. Ahmad Juang Pratama, ST, M.SC) karena kepeduliannya kepada lingkungan dengan membuat mesin pengolah sampah / limbah plastik menjadi bahan bakar. Mesin ini dapat digunakan untuk mengolah limbah sampah plastik yang sangat sulit terurai dan menyebabkan polusi lingkungan. Disamping itu mesin ini juga bisa digunakan sebagai solusi guna mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak yang semakin marak terjadi akibat persediaan minyak dari fosil yang semakin menipis ini.

Adapun sistem kerja dari mesin ini cukup mudah yaitu sampah plastik dimasukkan kedalam reaktor melalui saluran inlet dan dipanaskan sampai mencapai suhu diatas titik leburnya, kemudian akan keluar uap polimer yang akan melewati pipa pendinginan dan terjadilah proses kondensasi yang menghasilkan bahan bakar cair. Target luaran yang telah tercapai dalam pembuatan alat ini diantaranya adalah :
1. Mesin mampu mengatasi limbah sampah plastik yang sangat sulit terurai agar tidak mencemari lingkungan.
2. Mesin mampu mengolah limbah sampah plastik menjadi bahan bakar cair.

 

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments