Sabtu, April 27, 2024
BerandaBeritaPelepasan Kontingen Saka Kalpataru ke Kemah Bakti Saka Kalpataru III di Jepara

Pelepasan Kontingen Saka Kalpataru ke Kemah Bakti Saka Kalpataru III di Jepara

PEMALANG – Senin, 10 Juli 2023 Plt. Kadin DLH Pemalang Supriyanto melaksanakan Upacara Pelapasan Kontingen Saka Kalpataru Kwartir Cabang Pemalang  dan sambutan dari Bu Dian Ika Siswati selaku Pinsaka Saka Kalpataru Pemalang menyatakan, sebelumnya  Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah telah menunjuk Kabupaten Jepara sebagai tuan rumah kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpatu III Tahun 2023.Saka Kalpataru Kwartir Cabang Pemalang kali ini diwakili oleh SMK Nusa Mandiri Ampelgading, SMK NU Bodeh, dan Smk Satya Praja 2 Petarukan.

“Satuan Karya Pramuka Kalpataru merupakan Satuan Karya Pramuka bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega wadah pembinaan IPTEK dan kewirausahaan dalam pemanfaatan dan pelestarian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup,” ujarnya Senin( 10/7)

 

Menurutnya  kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2023 merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan yang diselenggarakan untuk anggota Saka Kalpataru.

 

“Hal ini  dalam rangka mengadakan proyek integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat seperti yang tersirat dalam janji Tri Satya untuk Penegak dan Pandega,” cetusnya.

 

Dian menyatakan bahwa kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2023 penting artinya bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sebagai wujud kepedulian dan rasa pengabdian anggota Gerakan Pramuka terhadap masyarakat, Bangsa dan Negara serta merupakan bakti nyata sebagai wujud pengabdian dan kepedulian anggota Gerakan Pramuka terhadap masyarakat, Bangsa dan Negara.

 

“Kegiatan yang akan dilaksanakan tanggal 11 – 14 Juli 2023 akan ditempatkan di Obyek Wisata Pantai Tirta Samudra Desa Bandengan Jepara dengan Motto ‘Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan’,” ungkapnya.

 

Dalam Pertikalpataru Jateng 2023 nanti peserta akan mengikuti 2 jenis kegiatan yaitu Kegiatan Bhakti dan Kegiatan Prestasi. Diantaranya  Green Economy Business Plan , Climate Debate , Green Campaign vlog  dan Apresiasi Saka . Sedangkan Giat Bakti meliputi Bakti fisik dan non fisik

 

Pelepasan kontingen Saka Kalpataru Pemalang menuju Perkemahan Bakti Saka Kalpatu III Tahun 2023 adalah awal dari petualangan yang penuh makna dan tantangan. Dengan semangat kepramukaan yang berkobar, kakak – kakak Anggota saka kalpataru siap untuk berjuang demi kelestarian alam dan masa depan yang lebih baik. Semoga mereka dapat menginspirasi banyak orang dengan aksi nyata dalam menjaga bumi yang kita cintai.

 

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments