Jumat, April 26, 2024
BerandaBeritaPENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK MELALUI MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (BSF)

PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK MELALUI MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (BSF)

PEMALANG – Permasalahan di Kabupaten Pemalang adalah banyaknya sampah organik yang belum dikelola sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Sampah tersebut berupa potongan sayuran, kulit buah-buahan dan tulang daging.

Rumah Maggot Widuri
Rumah Maggot Widuri

Maggot BSF Black Soldier Fly (BSF) sebagai salah satu solusi untuk menangani sampah organik, karena pada saat fase larva BSF, sebanyak 1 kg larva BSF akan mampu mengurai 1 kg sampah organik. Masa larva BSF, manfaatnya sangat luar biasa, karena larva tersebut mengurangi sampah organik, sampah-sampah organik dari rumah tangga, tidak lagi dibuang, melainkan sebagai “pakan” Larva, Larva tersebut melakukan penguraian bahan-bahan organik tanpa menimbulkan bau. Dari 800 jenis lalat, BSF itulah yang merupakan jenis paling beda, BSF adalah lalat yang tidak bersifat patogen karena tidak membawa agen penyakit.

Rumah Maggot Purwosari
Rumah Maggot Purwosari

Lalat BSF tak sekedar solusi menangani sampah organik, dapat juga meningkatkan pendapatan warga. Warga memperoleh tambahan pendapatan dari penjualan telur BSF maupun larva atau biasa disebut magot. Siklus hidup BSF secara total hanya sekitar 45 hari, mulai dari telur sampai ke lalat dewasa, seekor lalat betina biasanya menghasilkan 500-900 butir telur, untuk 1 gram telur, akan mampu menghasilkan 3-4 kg maggot atau larva, fase paling lama adalah larva, sekitar 18 hari, ada fase inilah, larva mengurai bahan-bahan organik.

Rumah Maggot Milik Warga
Rumah Maggot Milik Warga

Masalah yang dialami oleh peternak ikan adalah harga pelet yang terus meningkat harus mencari alternatif lain untuk menekan biaya pakan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah budi daya maggot sebagai pengganti pakan ternak yang memiliki kandungan protein tinggi. Kandungan protein larva BSF cukup tinggi, yaitu 40-50%. Diperlukan adanya sosialiasi mengenai budi daya maggot karena masyarakat yang memiliki tambak ikan belum semua nya mengetahui manfaat maggot sebagai pengganti pakan ikan.

Rumah Maggot Milik Warga
Rumah Maggot Milik Warga

Dinas Lingkungan Hidup sudah membangun Rumah Maggot pada tahun 2019 sebagai Percontohan bagi Kelompok Masyarakat maupun Individu yang akan melakukan pengelolaan sampah organik melalui Maggot BSF. Rumah Maggot berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Pemalang/ Eks Pasar Buah. Rumah Maggot mengolah kurang lebih 200 Kg sampah organik/ hari.

 

Penulis & Editor : Agus Aribowo

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments