Kamis, Mei 2, 2024
BerandaBeritaPENGELOLAAN SAMPAH PADA MELALUI BANK SAMPAH

PENGELOLAAN SAMPAH PADA MELALUI BANK SAMPAH

PEMALANG – Pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir dengan pendekatan ekonomi sirkular oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan. pengelolaan sampah sebagaimana dimaksud dapat dilakukan secara sinergis melalui bank sampah.

Bank Sampah adalah fasilitas untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle), sebagai sarana edukasi, perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah, dan pelaksanaan ekonomi sirkular, yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat, badan usaha, dan/atau Pemerintah Daerah. Bank Sampah Induk yang selanjutnya disingkat BSI adalah Bank Sampah yang area pelayanannya mencakup wilayah administratif kabupaten/kota. Bank Sampah Unit yang selanjutnya disingkat BSU adalah Bank Sampah yang area pelayanannya mencakup wilayah administratif setingkat rukun tetangga, rukun warga, kelurahan, atau desa/sebutan lainnya.

Kegiatan Launching Drop Box BSI Mountrash Pemalang di SMP 8 Pemalang oleh Bapak Plt. Bupati Pemalang
Kegiatan Launching Drop Box BSI Mountrash Pemalang di SMP 8 Pemalang
oleh Bapak Plt. Bupati Pemalang

Bank Sampah Induk (BSI) Mountrash Pemalang telah terbentuk dengan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Pemalang dan PT Mountrash Avatar Indonesia telah dilaksanakan dengan Nomor: 415.1/01/ KB/TAPEM/2022; Nomor: 023/MAI/03/2022 tanggal 10 Maret 2022 tentang Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah Berbasis Digital.

Bank Sampah Induk (BSI) Mountrash Pemalang merupakan Bank Sampah berbasis digital untuk mempermudah pengelolaan sampah. Aplikasi pengelolaan sampah Mountrash sudah dapat diunduh dan terus melakukan pembaharuan untuk memudahkan pengguna atau user. Sistem digital manajemen dimaksud agar dapat dikelola secara transparan, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

Kegiatan Bank Sampah
Kegiatan Bank Sampah

Warga dapat mengunduh aplikasi Mountrash terlebih dahulu di Playstore, kemudian mengumpulkan sampah dari sumber, seperti botol plastik, kardus, dan lainnya, kemudian melalui aplikasi itu, sampah itu dijual dan dapat dikonversikan dalam nilai uang tertentu sesuai dengan jenis dan banyaknya sampah. Setelah dijemput dan barcode discan petugas, maka saldo langsung bertambah dan bisa untuk membayar listrik, air, atau aktivitas lainnya.

Bank Sampah Induk (BSI) Mountrash Pemalang berlokasi di Desa Semaya Kecamatan Randudongkal. Bank Sampah Induk (BSI) Mountrash Pemalang mempunyai 2 (Dua) unit mobil ATM Sampah Keliling.

Kegiatan Kerajinan Baju dari Sampah dari Desa Gombong
Kegiatan Kerajinan Baju dari Sampah dari Desa Gombong

Bank Sampah Induk Mountrash Pemalang melalui PT. Mountrash Avatar Indonesia akan memperbarui sistem menabung botol plastik dengan menggunakan Drop box yang ada di Desa, Sekolahan, Instansi Pemerintah Kabupaten Pemalang maupun Swasta agar mempermudah dalam menabung sampah jenis botol plastic. Bank Sampah Induk Mountrash Pemalang berencana akan mengedukasi para pelajar ibu rumah tangga, serta komunitas penggiat lingkungan melalui sosialisasi dan pelatihan.

 

Daftar Bank Sampah Unit (BSU) yang sudah terdaftar di Bank Sampah Induk (BSI) Mountrash Pemalang

 

NO NAMA BSU ALAMAT
1 Ikhwani

 

Asemdoyong Rt 06 Rw 01 Taman
2 Sobarudin

 

Karangmoncol Rt 07 Rw 02 Randudongkal
3 Teguh Yoga (BUMDES Kajenengan) Kajenengan Rt 02 Rw 02 Bojong Kabupaten Tegal
4 M Tajudin Gondang Rt 08 Rw 02 Taman
5 Muhammad Taman
6 KPK Sokawangi Sokawangi
7 Puji Priyanto Pener
8 Karangtaruna Gondang Mas Suratin Gondang
9 Ruswandi Cibelok
10 Rizqon Budi Santoso Pemalang
11 Wahyu Ningsih Pemalang
12 Andi BUMDES Sungapan Pemalang
13 Ristanto Pemalang Mulyoharjo
14 Andi Arifin Karangtalok
15 Muryono Tegal Sari Barat
16 Samsul SMP N 05 Pemalang
17 Usman Pemalang
18 Umar Andi Pemalang
19 Slamet Yunus RM Ayam Gepuk
20 Ari ismawati Tegal
21 Yanuar kurniawan Pemalang
22 Erwin toko basa Pemalang
23 Rumah susun Kebondalem
24 Kusworo Cibelok
25 Toko alvin Petarukan
26 AMDK PDAM Semingkir Semingkir
27 Fajar Kabunan
28 Gugah Pemalang
29 David Oscar yanottama Pemalang
30 Muksin Bojong, Kajenegan Tegal
31 Musri Sitemu Taman
32 Mulyatun Kabunan
33 Muhammad Aris Munandar Ulujami

 

Penulis & Editor : Agus Aribowo

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments